Kebudayaan dan Adat Bandung

Adat Istiadat Suku Sunda
sumber : baabun.com

Halo disini saya akan menjelaskan beberapa Kebudayaan dan Adat yang berada di Bandung. dikarenakan Saya berasal dari Bandung,Dan juga Bandung masih berada pada daerah Jawa Barat maka Kebudayaan dan adatnya masih sama dengan Sunda.

1. Pakaian Budaya

Di Sunda ada Salah Satu pakaian yang sangat terkenal yaitu Kebaya. Bahkan Kebaya ini menjadi salah satu Pakaian Adat Nasional yang berarti sudah diakui sebagai Pakaian Adat.
Image result for Kebaya sunda
sumber : womantalk.com

Sunda juga memiliki motif Batik, Khususnya di Bandung ini mempunyai kaitan yang sangat erat dengan Kerajaan Pajajaran. Konon katanya di dalam naskah kuno yang berjudul Siksa Kanda Ing Karesian, sudah di kenal berbagai macam motif batik di Rakean Darma siksa (1175 sampai 1297). Motif-motif batik ini diantara adalah Motif Kampuh JayatiRagen Penganten, dan lainnya. Namun sayang motif-motif ini hilang bersamaan dengan lenyapnya kerajaan Pakuan Pajajaran sekitar pada tahun 1579. sedangkan motif yang lain tidak berkaitan dengan Kerajaan Pajajaran.
sumber : infobatik.id

2. Tarian Sunda

Salah satu tarian Sunda yang terkenal adalah Jaipongan, Tari ini merupakan Pengembangan dari Ketuk Tilu. Seni tari jaipongan ini di iringi dengan musik yang memiliki khas, yaitu Degung. Musik ini merupakan kumpulan beragam alat-alat musik seperti alat musik Kendang, Go’ong, Kecapi, Saron, dan alat musik lainnya.
Adat Istiadat Suku Sunda
sumber : baabun.com

3. Alat Musik

Salah satu alat musik yang terkenal adalah Angklung. Angklungadalah alat musik kesenian yang dibuat dari bahan bambu khusus, yang mana bahan-bahan bambu khusus ini ditemukan oleh Bapak Daeng Sutigna kurang lebih sekitar pada tahun 1938. Yang mana pada zaman itu awal pengguaan angklung  hanya sebatas kepentingan kesenian local maupun kesenian tradisional.
Image result for angklung
sumber : worldmusiccentral.org

4. Makanan Khas

Salah satu makanan khas Bandung adalah Seblak. Seblak adalah Makanan khas Bandung yang terbuat dari kerupuk basah ini memiliki rasa yang khas biasanya pedas karena dibuat dari bumbu rempah dan memiliki isian yang mengenyangkan seperti sayur, daging dan telur.
Image result for seblak
sumber : idntimes.com

Mungkin sekian saja penjelasan tentang Kebudayaan dan Adat yang berada di Bandung semoga bermanfaat. 

Komentar

Postingan Populer